Saturday, November 28, 2009

les choristes


les choristes

beberapa hari yang lalu, gue nonton film yang diputer di world cinema Metro TV, judulnya Old Boy. dan di mata gue, film ini adalah salah satu film festival yang paling bagus yang pernah gue tonton. mulai dari akting tokoh utamanya, sampe ke alur ceritanya.

dari dulu, gue selalu suka nonton film-film festival. film festival pertama yang gue tonton adalah L'Enfant, sebuah film festival perancis yang gue tonton di kelas bahasa perancis waktu gue masih sekolah di belgia dulu. Terus ada Les Choristes yang gue tonton dalam perjalanan dari Belgia ke Itali, sama Paris, Je t'aime, yang ini gue tonton di Metro TV juga, yang keduanya sama-sama film perancis.

lantas ada The Constant Gardener, Pan's Labyrinth, sama Das Parfum. semuanya gue tonton di bioskop kota Neerpelt, tetangga kota kecil gue Overpelt. terus ada film berbahasa portugis yang bagus banget, Central do Brasil. terakhir film festival yang gue tonton di Indonesia dan udah berkali-kali tapi ga pernah bikin bosen, Children of Heaven.

dari semua yang gue tonton, hampir semua jadi favorit gue, tapi yang paling gue suka adalah Les Choristes sama The Constant Gardener. semua aspek dalam filmnya, bagus banget. temanya juga beda, ga seperti film hollywood kebanyakan. sedangkan endingnya, ga mutlak happy ending kayak film-fim buatan negeri Paman Sam itu.

satu hal yang sering gue sayangkan adalah kenyataan bahwa gue tinggal di palembang. coba kalo gue tinggal di jakarta atau bandung, gue bisa lebih banyak nonton film-film festival dgn dateng ke Jiffest misalnya. gue secara pribadi emang ga terlalu suka nonton ke bioskop mantengin semua film hollywood terbaru, gue prefer beli buku daripada beli tiket bioskop. tapi kalo buat film festival, gue rela deh kalo harus menguras kocek bahkan ngantri berjam-jam biar bisa nonton.

satu hal yang menurut gue jadi perbedaan mendasar antara film festival sama film yang diputer di bioskop (film-film hollywood), di film-film festival, lo bisa dapet sesuatu yang jarang bisa lo dapetin di film lainnya. lo bisa dapet 'pelajaran' yang lebih, sesuatu yang begitu bermakna. bukan sekedar dateng-nonton-terus pulang. lo bisa dapet 'sesuatu' untuk direnungkan, sesuatu yang bakal terus lo inget sampe kapanpun.

ke depan, gue berharap bisa terus nonton film-film festival, walo untuk sekarang cuma bisa nonton via world cinema Metro TV.

gue pengen terus merenung. ngedapetin hal-hal bermakna dan berharga dari film-film festival, untuk dijadiin pembelajaran hidup, karena gue pengen terus belajar, karena gue pengen jadi lebih bijak dalam menyikapi hidup :)


insya Allah, aamiin.

2 comments:

Andana Haris R said...

pasti kak prisya abis ntn children of heaven deh td di RCTI, emg top markotop tuh film..

btw, klo kk suka ntn film festival eropa dtg aja ke CCF salemba pas lgi ada europe film festival..

wktu itu gue pernah kesana diniatin buat nonton film festival (dengan motivasi: gratis), pas pulang agak kecewa gara2 nonton film yang ada umat muslimahnya yang lagi ganti baju dan diintip sama 'orang2 tak bertanggung jawab' dan filmya tidak disensor sama sekali..
P.A.R.A.H deh..

Prisya Dhiba Ramadhani said...

yeup, benar sekali tebakan anda :)

europe film festival di CCF salemba ya? sip mudah-mudahan ntar bisa nonton dgn ketie sebagai guide.

err ya itu termasuk salah satu resiko sih ris, pas kk nonton das parfum di belgi, itu film sama sekali jg ga disensor padahal ada 1 scene yang paling parah dari yang terparah.

kalo udh gitu, ya tinggal mejemin mata deh :)