Tuesday, November 17, 2009

neurosensory system~

hello there!
akhirnya gue bisa nulis lagi setelah seminggu terperangkap dalem jadwal yang super padat, heuheu~

jadi, jadi, gue pengen cerita sekarang, seminggu yang lalu, tepatnya hari senin, kami (gue bersama anak-anak PDU laennya) officially masuk ke blok baru, blok 15 yang ngebahas tentang Special Neurosensory System. Ngejalanin blok ini bikin gue semangat banget mengingat kami udah berhasil ngelewati lebih dari setengah perjalanan kuliah di kedokteran umum yang totalnya ada 22 blok( 1 blok @7 minggu), yang artinya juga tinggal 7 blok menuju gelar sarjana kedokteran (S.ked), yeaay! :D

dari awal gue juga udah berniat penuh buat belajar serius dengan penuh semangat(tsahh) mengingat blok 14 kemaren (Hematology) bener-bener mengerikan(karena jadwal super padet plus beberapa dosennya yang killer abis) dan gue ga mau kengerian blok 14 kemaren kembali keulang.

tapi semangat gue yang begitu tinggi, begitu poool, runtuh seketika dimulai sejak kuliah Introduction yang pertama, hiks.

jadi ternyata oh ternyata, blok 15 yang namanya cantik, asyik, dan menarik ini teramat sangat kompleks saudara-saudara. blok ini -yang termasuk blok klinik dan blok sistem- ternyata ga semudah atau katakanlah se'fun' blok 8 Neuromuskuloskeletal System (Sistem Tulang-Otot-Saraf), atau Blok 10 Cerebrocardiovaskular System (Sistem Pembuluh Darah-Jantung-Otak) yang pembahasan kuliah dan kasus penyakitnya itu masih dalam satu jalur, yang dengan kata lain, asal kita menguasai fisiologi dan patofisiologi sistem tersebut, kita bisa dengan gampang memahami dasar dari sistem organ tersebut plus penyakit/abnormalitas yang terjadi.

sedangkan blok 15 ini, sesuai dengan namanya yang ada embel-embel 'sensory' nya, membahas:

  1. Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin(Litmin)
  2. Ilmu Penyakit Telinga, Hidung, dan Tenggorokkan(THT)
  3. Ilmu Saraf/Neurologi
  4. Ilmu Penyakit Mata
begitulah berdasarkan introduction dari dr. Yulia Farida Yahya, Sp. KK(K) sang sekretaris blok.

jadi sekarang apa masalahnya?
hah!
masalahnya tentu aja banyaaaaak!!! (histeris)

pertama 4 mata kuliah di atas itu, tidak terintegrasi, tidak berhubungan, alias berdiri sendiri-sendiri. kalo berdiri sendiri-sendiri berarti tiap matkul bukunya beda, sedangkan 1 matkul bukunya bisa banyak, atau dengan kata lain, buku yang harus gue lahap adalah:
  1. Buku Ajar Litmin: Fitz Patrick Dermatology, Buku Ajar Litmin FK UI a.k.a Buku Merah, Atlas of Dermatology)
  2. Buku Ajar THT: Buku Ajar THT FK UI a.k.a Buku Hijau, Atlas Berwarna THT dr. Abla Ghanie, Sp. THT(K)
  3. Buku Ajar Saraf: Neurologi Dasar dan Klinis a.k.a Buku Hitam -bukan, bukan buku santet kok-
  4. Buku Ajar Mata: sampe detik ini gue belom tau referensinya apa -__-
dan bukunya (tentu aja) tebel-tebel, pastinya ga bisa habis dilahap satu hari, atau satu minggu. satu bulan? gue ragu.. satu tahun? entahlah..
terus FYI, Ilmu THT itu susah! apalagi Ilmu Saraf susah bangeeeet, dan yang paling susah adalah: Ilmu Penyakit Mataaaaa!! dimana kita harus menguasai Fisika Optik! OMG gue benci fisika -__-

ga sampe di sana, pas jadwal akhirnya dibagiin, ternyata oh ternyata(lagi)

GA ADA KULIAH DASAR ANATOMI, FISIOLOGI, HISTOLOGI!!!

oh Bumi, telanlah aku...

kelewatan bener dah, karena ini namanya persis kaya blok 14 kemaren. mulai hari pertama LANGSUNG masuk ke kuliah klinis, langsung ke penyakitnya, ga pake kuliah dasar lagi. dan as usual, seperti yang sudah sangat sering dikatakan di setiap kuliah Introduction ataupun kuliah biasa, dengan kalemnya dr. Yulia berkata,
"karena kalian bukan di sistem SKS lagi tapi udah di sistem KBK, jadi untuk kuliah-kuliah dasar kalian belajar sendiri yaaaa" (sambil senyum)
belajar sendiri? errr, oke.

sedih banget rasanya, hiks. bahkan praktikum anatomi pun ditiadakan, padahal itu praktikum favorit gue. dan saking udah lamanya praktikum anatomi ditiadakan, gue sampe lupa kapan terakhir menginjakkan kaki di lab anatomi menghirup bau formalin dan bertegur sapa dengan para cadaver(mayat manusia yang diawetkan dengan formalin).(oke, gue tau ini kedengeran serem ya? haha)

tapi beneran, padahal kuliah anatomi kan penting(banget!) apalagi fisiologi, kalo histologi, patologi anatomi, sama farmako berhubung gue ga begitu suka jadi ga penting2 amat kali yaa, hee tapi apa boleh buat, nasi sudah menjadi bubur, tinggal gimana biar buburnya bisa jadi enak, walo buburnya pait, hiks

tapi ya kalo dipikir-pikir kapan gue bisa belajar buat kuliah dasar? nemuin waktu buat baca buku-buku dewa yang udah gue sebutin di atas aja ga tau kapan, belom baca slide. gue pengen banget banget ngebaca buku Anatomi Klinik Snell yang bukunya kalo ditimpuk ke muka orang gue jamin itu orang bisa mati minimal koma. belom Fisiologi Guyton yang juga bisa bikin banteng pingsan. belum Patofisiologi Price & Willson yang ada 2 jilid. belum nonton DVD yang udah numpuk kaya menara minta ditonton(eh? apa hubungannya???)

gue sangat suka baca buku, termasuk buku-buku di atas.
masalahnya adalah gue ga sempet, aaaarrrrgggghhh..
kemaren seminggu tiap hari kuliah ampe sore terus. nyampe rumah gue masih harus nyetrika, ngeprint slide, dan berujung dengan kecapean tanpa sempet makan. sekarang minggu kedua udah masuk ke minggu tutorial dan praktikum (yang berarti pulang sore terus PLUS malemnya masih HARUS ngerjain tugas tutorial plus laporan praktikum). terus ntar ga terasa aja udah deket ujian. huhu...

kalo dulu gue sering dibilangin sama temen dari jurusan laen,
"eh, jadi anak kedokteran tuh sibuk banget ya?"
selalu gue jawab,
"eh ga juga kok"
tapi dengan keadaan sekarang, dimana blok ke blok tambah susah, kuliahnya tambah sedikit dan dipadetin, makin deket ke blok akhir, gue makin kurus dan makin tambah jarang makan, kalo ditanya lagi gue bakal jawab,
"Iyaaaa!!!!"
ah kalo dipikir-pikir ga heran banyak dosen yang suka cerita kalo jaman dulu banyak mahasiswa kedokteran yang akhirnya stres berkepanjangan, depresi, sampe ada yang gila. (Ya Allah, jangan sampe gue gitu, huhu)

tapi ya inilah hidup.. (tsahh bahasa gue gaya bener dah ya, haha)
tapi emang ginilah adanya, inilah pilihan gue dan gue ga boleh setengah-setengah ngejalaninnya. emang kalo dipikir gue iri bener sama temen2 gue(adek gue yang kuliah di FISIP contohnya) yang punya banyak waktu luang, kuliahnya nyantai, bisa punya banyak waktu buat baca buku atopun ngelakuin hal lainnya. sedang gue? FYI aja udah 2.5 tahun sketch book gue kosong. dalem setahun gue cuma libur beberapa minggu. paling lama juga sebulan. tiap weekend harus sibuk ngurusin urusan organisasi. gue ngerasa sangat sangat sangat jarang bisa menikmati waktu buat diri gue sendiri.

tapi sekali lagi inilah pilihan gue. dan gue yakin semua yang gue alami, susah, seneng, sedih, semua hal yang gue jalanin selama kuliah 2 tahun lebih ini, bisa bikin gue jauh lebih baik dan insya Allah bermanfaat buat gue kelak. baru sekarang juga gue sadar kalo kuliah di kedokteran itu emang ga gampang, emang susah. terkadang kita pengen banget belajar, tapi ga punya banyak waktu karena jadwal kuliah itu sendiri. untungnya mulai blok ini gue bener-bener ga mau lagi terlibat urusan keorganisasian, walopun udah dibujuk2 sama para petinggi BEM tahun ini. cukup bagi gue 2 tahun penuh disibukkan urusan ini-itu Medifka(alhamdulillah udah selesai tepat kemaren lusa), trs setahun terakhir BEM sm BPN ISMKI(sampe sekarang masih), sampe bikin gue agak-agak lupa dengan apa tujuan gue yang sebenernya.

gue pengen jadi dokter anak.
buka praktek di rumah.
bukan di kota, tapi di daerah terpencil, daerah pedesaan.
ngobatin anak-anak maupun masyarakat pedesaan,
bukan orang-orang kota, bukan orang-orang yang berduit.

itu mimpi gue. sejak dulu. sejak kecil.

dan gue sadar banget sekarang setelah semuanya, setelah 1 blok terakhir dan blok ini, kalo mencapai itu semua ga gampang, kalo untuk mewujudkan semua itu butuh perjuangan,
gue harus belajar, dan emang harus. buat orangtua gue, adek2 gue, satu-satunya kakek gue yang masih hidup dan bertahan demi gue, keluarga besar gue, dan orang yang gue cintai yang dengan dia gue pengen ngewujudin mimpi gue.

karena itulah, walo blok ini susah banget dan mungkin bakal jadi yang tersusah dari semua blok yang udah dijalanin, walo kuliah di kedokteran bisa sampe bikin gila(na'udzubillahi min dzalik),

gue HARUS terus belajar.
bukan cuma dari diktat, slide2 kuliah, buku-buku, dan catetan, tapi dari segala aspek kehidupan,
biar ntar gue bisa jadi dokter yang berhati nurani, yang sekarang jarang kita temui.

dan gue juga HARUS tetep berdoa, berusaha keras, dan bersemangat.
demi orang-orang yang gue cintai.
demi anak-anak yang pengen banget gue tolong.

gue pasti bisa.

insya Allah,
aamiin :)

3 comments:

Anonymous said...

uyee, semangaaattt buat kita semuaa
hahaha
:D

asiknya 7 blok lagii
hihiiy

Anonymous said...

kreeeek. kreeeeek.
Blok ini sangat drastis berbeda dg blok 15 y pris.
Mulai dari materi, smpe ke dosen :((
Duuuh, I Mizz tante MED.
huhuuu.

Pris,pris.
ada lullaby, mabang, dll yg jumlahnya skitar 260 orang yg ngerasain hal serupa ^^a
So, You are Not alone/
*loh loh loh*
Hahahaa..

Smoga qt bs melewatiny dg lancar y, Pris
Amiiiin :))

Prisya Dhiba Ramadhani said...

@ratih
iya tih doain aja ya 7 blok lagi :D
semangat blok endokrinnya!

@arina
of course I'm not alone, hahaha :D
aamiin ya robbal'alamiin.
*semoga blok 15 ini cepat berlalu ya, hehe