Monday, January 11, 2010

from 18 to 21

Alhamdulillah...

Ga kerasa ya, udah 2010 aja..
Walopun kata sebagian orang kalimat di atas klise, tapi buat gue begitulah adanya. Hidup gue terasa cepet banget berlalu setelah kepulangan gue dari belgia, atau tepatnya pasca ulang tahun gue ke 18 yang dirayain di belgia bareng hostdad Erik, hostmom Carine, Opa Jos, Oma Gerda, Daniel, sahabat gue di Mater Dei Els, sahabat-sahabat AFS gue Andrea dari Costa Rica, Macarena dari Paraguay, Fa dari Thailand, dan sahabat-sahabat kecil gue yang baru kelas 6 SD Anke, Mieke, dan Lien.

Balik bentar ke ultah gue ke-18 itu..
Gue inget banget gimana ekspresi geli hostdad waktu ngedenger statement gue yang mati-matian minta diakui sedang ultah ke-17 tahun lagi -bukan malah ke-18-. Alasan gue waktu itu adalah dengan berumur 18 berarti gue udah tua dan akan terus bertambah tua tentunya. Sedangkan gue ga mau jadi tua dari tahun ke tahun. Gue inget banget gimana hostdad sampe ketawa dengan tawa khas kebapak-bapakannya sambil terus ngingetin gue yang teramat sangat keras kepala ini kalo gue ulang tahun ke-18, bukan ke-17. What a memory..

Yah, mungkin kedengerannya childish banget yak, tapi begitulah adanya. Waktu itu yang ada di pikiran gue adalah, di saat umur gue bertambah ke 18, 19, 20, dan seterusnya, hidup gue bakal jadi tambah rumit, tambah kompleks, tambah menjadi kurang menyenangkan. Dan gue pikir seiiring dengan bertambahnya usia pun orang-orang di sekitar gue bakal berubah. Orangtua bakal lebih banyak nuntut, pengen kita lulus kuliah tepat waktu, IP gede, kalo bisa cumlaude kenapa ga (yang satu ini bokap gue banget). Adek-adek gue bakal lebih menuntut gue untuk jadi lebih dewasa yang artinya gue ga bisa lagi sering-sering bertingkah barbar ke mereka (secara udah tuwir), sahabat-sahabat gue di SMA bakal sibuk dengan kuliah dan problematika hidup mereka masing-masing, dan temen-temen gue yang bakal gue miliki di kampus pun bakal jauh lebih INDIVIDUALIS. Dan itu semua terbukti bener.

Sepulang gue dari Belgi..
Sahabat-sahabat gue mulai sulit dihubungi dan diajak ketemuan. Mereka sibuk kuliah, Jabek malah kuliah nun jauh di Malay. Sebenernya kita sering banget ketemuan untuk kategori orang yang masih sahabatan sampe sekarang, tapi jarang banget bisa lengkap berlima atau bisa lama-lama. Lantas temen-temen gue di kampus asli jauh lebih individual. Entah karena emang hal tersebut merupakan ciri khas mahasiswa kedokteran secara umum yang hanya mengutamakan kepentingan pribadi atau karena guenya aja yang biasa sekelas 3 tahun di SMP dan 2 tahun di SMA dengan orang-orang yang itu-itu aja sehingga bagi gue persahabatan dan kebersamaan itu penting.

Lantas enyak babe gue, mereka ga banyak berubah sih, tetep sayang sama gue, tapi di pertengahan tahun lalu gue sempet ngerasa capek sama mereka yang masih aja nuntut lebih ke gue padahal gue udah setengah mati kuliah di kedokteran ambil jadi anak BEM, ketua Medifka, Pimred BPN ISMKI, MC-MC acara FK, MC pelantikan s. ked dan dokter, dan jadi panitia ini itu lainnya. Dan nyokap bokap gue masih nyuruh gue nyoba jadi presenter acara kesehatan di TV lokal, zzz... dan seolah ga cukup, baru-baru ini gue laporan ke nyokap,

"Ma, pengumuman beasiswa prestasi udah dipajang. Nama kakak ada, IPnya dicantumin pula"

"Emang IP kamu berapa?"

"3 koma 5, yang 2 komaan banyak juga lho ma"(dengan suara memelas minta ampun)

dan taukah anda respon emak gue? respon emak gue adalah,

"Hmm berarti turun nol koma satu. Kemaren2 kan 3 koma 6, itu kenapa kok bisa turun?"

zzzzzz...

Among all, yang paling gue rasain pasca ulang tahun dan pulang ke Indonesia adalah,

ga ada perubahan berarti dalam hidup gue :(

Gue masih gini-gini aja selama hampir 3 tahun dari kepulangan gue. Masih barbar di rumah, masih 'bertopeng' di kampus, masih makan kayak kuli(walo lebih terkontrol), masih suka males belajar, masih stuck belajar nyetir, masih ga bisa bawa motor dan masih ga bisa MASAK.
sementara itu bahasa Belanda gue mengalami degradasi, gue tambah sering ngebo, dan tambah sering begadang bermalam-malam, huff...

Paling banter hal yang gue capai selama hampir 3 tahun ini adalah gue berhasil beranjak dari berat 56 kilo ke 46 kilo dan gue mulai belajar bahasa perancis. That's all.

Karena itulah di tahun ini gue pengen banget berubah, jadi lebih baik? Oke bagi gue kedengerannya terlalu klise dan kurang spesifik, jadi ini yang gue bener-bener mau:

Resolusi Tahun Baru Gue

  • Lebih deket dengan Allah SWT, dalam segala aspek.
  • Mencoba memberi pengertian kepada orang tua gue kalo gue adalah manusia biasa, bukan power puff girl apalagi wonder woman.
  • Berhenti atau paling ga mulai mengurangi sifat barbar gue di rumah.
  • Mengurangi aktivitas hibernasi dan menambah jam belajar.
  • Belajar masak, lanjut belajar nyetir sama bokap sampe bisa bawa sendiri ke kampus dan mulai belajar motor (iye, gue emang cupu enggak bisa naek motor).
  • Mulai merintis karir sebagai vegetarian
  • Dan terakhir, melepas 'topeng' gue dimana pun dan menjadi diri gue sendiri.
That's all my list.
Gue akan berusaha untuk ngewujudin SEMUANYA, untuk diri gue sendiri, untuk usia 21 tahun yang lebih baik.

Insya Allah.

14 comments:

-=-IpanG-=- said...

amin ya rabb...
semoga resolusi tahun 2010 di umur 21 bisa terlaksana dengan baik dan benar serta sesuai dengan aturan undang-undang yang berlaku..

part paling lucu dari tulisan ini adalah, ketika seorang anak muda tak ingin mendengar dan mengetahui umurnya yang kian bertambah.. "sadar anak muda, hidup itu maju, bukan mundur.." :p

and..
untuk kopral terbaik ku satu ini.. "orang tua pasti ingin yang terbaik buat kita.. sabar, berprasangka baik dan berusaha, semoga segala cita2 kopral dan enyak babe-nya segera terkabul.."

doa komandan menyertaimu..

aaniess said...

prisyyyaaa :)) ternyata kita semua sama *loh*

orang tua memang ga pernah puas pris, kadang2 emang caranya itu agak "menyakitkan" , dan masalahnya aku semakin dicambuk bukannya malah makin terpacu , malah jadi makin males (paraah..)

tapi yakinlah anak muda, semua itu akan berguna untuk kita sendiri, kita nyari ilmu, bukan nyari nilai, apalagi nyari nilai besar buat orang tua ( mama aku bilang. loh, yang butuh nilai besar, mbak atau mama sih?) semua buat kita sendiri ^^v

masalah topeng.. yah.. kalo aku sudah pake topeng sejak jaman dahulu kala prisya . rasanya udah habis semua kesabaran dan kebaikan kita buat org laen, tp kok, lama lama kaya dimanfaatin? *hueh* nah loh aku jd curcol =p

nyetir?? waawww :') mari sama" berjuang prissssyaaa. hihihihi.

semangattt XD

Istiarina Putri said...

kak,share resep dietnya dong whahaha.. :p

Amalina Komarudin said...

waah, kita punya resolusi yang sama, 'bisa nyetir'.. hehehe.. masih mending prisya ga bisa motor, nna malah ga bisa naik sepeda lho! hahaha.. :D

insya Allah, semoga resolusinya terwujud semua yaa.. aamiinn.. kita berjuang bareng-bareng, niatkan untuk ibadah, insya Allah dimudahkan Allah.. aaamiinn.. saling ngingetin yaa prisya.. ^_^

Anonymous said...

semoga resolusinya terkabul semua yah...
AMIIIN!!
salam kenal aja dulu hehehe

wyd said...

mungkin prisya ngerasa cuma melakukan perubahan2 ga penting. tapi dari cerita setelah kepulangan, ternyata rentetan hal baru yang positif udah dilakukan.
dan itu pasti mempengaruhi keseluruhan jiwa, raga dan hidupmu.
artinya... kamu udah melakukan perubahan besar loh cuma mungkin belum kelihatan hasilnya.

untuk komentar mama... terima aja nasib jadi anak :)

big belly said...

prestasi sebanyak itu dibilang gak ada perubahan berarti???
ck..ck..ck..
=)
hati2, vegetarian kan gak selamanya bagus... gimana mau tumbuhin otot kl hewaninya kurang... (loh??)
agak sdikit lega kl trnyata prisya k kampus pake topeng.. pasti aslinya lebih cantik =)

Unknown said...

amin...

irawan said...

semoga resolusi di tahun 2010 ini dapat tercapai dengan baik...salam kenal dari beta.. :)

Prisya Dhiba Ramadhani said...

@kak ipang
saya sadar kok komandan, namun ego saya di kala itu berusaha untuk mengingkari kenyataan dan kesadaran saya :)

aamiin ya robbal'alamiin, terima kasih komandan!

@anies
haduh kok sama ya? bener banget kenapa dicambuk bukannya tambah semangat malah tambah males ya? :P
makanya nies yuk kita mulai melepas topeng kita, daan belajar nyetir lagiiii, hahaha

@tia
iya, ntar deh aku tulis resepnya di blog ini, ditunggu aja yaa

@amal
iya aamiin, makasih ya nna, bismillahirohmairrohim, insya Allah kita bisa! :)

@alfa
terima kasih, salam kenal kembali alfa.

@ma'am wyd
makasih ma'am, komen dari ma'am sedikit banyak ngebuat prisya sadar :)

@big belly
entah kenapa, saya merasa anda adalah mbah jembling, kakek saya di masa lampau, itukah dirimu kay? 3 huruf yang memakai nama samaran big belly sebagai satu2nya clue? semoga tebakan saya benar :)

@sal_sk8 dan irawan
terima kasih, salam kenal kembali.

Nisa moeL said...

"Hmm berarti turun nol koma satu. Kemaren2 kan 3 koma 6, itu kenapa kok bisa turun?"
:: hmmmm pantas prisya pintar nian, dari segi aka & non akademik X) semangat semangat! yg pasti ortu kan ingin yg terbaik buat kita, jadi lakukan yg terbaik yg prisya bisa ^^

Masih barbar di rumah, masih 'bertopeng' di kampus, masih makan kayak kuli(walo lebih terkontrol), masih suka males belajar, masih stuck belajar nyetir, masih ga bisa bawa motor dan masih ga bisa MASAK.
:: hufff sama. ayo berjuang! X)

56 ke 46 kg
:: hwaaaaa pengen! bagi resepnya donk pris, hehehe ^^

semoga resolusinya tercapai ya, aamiin. trims sdh bagi2 resep pintar ala prisya, hwihihi. sukses pasti jadi keinginan setiap orang (yg mau sukses tentunya) & bersyukurlah, prisya mungkin sdh beberapa langkah lebih depan dibanding orang lain. semoga sukses selalu ya prisya! jgn lupa juga do'akan mereka2 yg masih perlu banyak langkah utk menuju sukses. kalo perlu, sering2 'mencambuk' *oh noooo* / mendorong mereka2 yg masih kurang usahanya *ugh* -_-i hehehe ^^

man jadda wajada!!!!! \(>.<)/

Unknown said...

Yang paling nyata perubahannya dalam 3 tahun terakhir ini adalah 56 ke 46 lho pris.. ;p
Oke oke, anda tidak sendiri. Begene2 abby juga sama itu resolusinya ky prisya. Nyetir, masak, belajar dan prancis!
Ayoook semangat yaaa.. Try your self-best ;)
Salam hangat!

Prisya Dhiba Ramadhani said...

@amul
pinter banget? hahaha pinter apanya amul :)
tapi gpp deh prisya aminin ya, aamiin.
hihihi iya ntar deh prisya tulis rahasia bisa turun 10 kilonya, ditunggu ya..

aamiin, semoga kita bisa sukses dunia akhirat ya mul :)

@abeey
hahaha bener banget bee, semangat terus ya kita! :)

veer said...

aamiin...